Saturday 29 August 2015

Teknik Dasar Permainan Sepakbola (2)



3        Melempar Bola (throwing)
Melempar bola (throwing) adalah memasukkan / memberikan bola ke dalam lapangan oleh seorang pemain dengan menggunakan kedua tangan dikarenakan sebelumnya pemain lawan menyentuh bola dan mengakibatkan bola tersebut meninggalkan lapangan pertandingan.
Posisi bola beradda di belakang kepala

Ketika bola dilempar, kedua kaki harus tetap manapak di tanah dan tidak masuk garis
 Pertama yang harus kita lakukan adalah menentukan bola akan diberikan kepada siapa. Kemudian lemparlah bola menggunakan kedua tangan dan sebelum dilemparkan kedalam lapangan, posisi bola harus berada dibelakang / diatas kepala si pelempar. Setelah itu lemparkan bola ke arah teman kita dan pastikan bola tersebut bisa dengan mudah dikontrol oleh teman kita, selain itu melemparkan bola ke tempat kosong juga dapat menjadi pilihan lain ketika teman-teman kita mendapatkan penjagaan yang cukup ketat. Kemudian lemparlah bola ke dalam lapangan dengan kedua kaki tetap menginjak tanah, jangan sampai salah satu kaki terangkat keatas karena hal itu dapat menyebabkan lemparan kedalam akan diulang dan bola diberikan kepada tim lawan. Satu lagi yang tidak boleh dikakukan, yaitu kedua kaki harus tetap berada diluar garis lapangan Pertandingan. Untuk lebih jelasnya lihatlah video tutorial berikut :

4        Menyundul bola (heading)
Menyundul bola (heading) adalah suatu gerakan kepala untuk mengenai bola yang datang menuju arah berdirinya kita untuk mengubah arah meluncurnya bola seperti memasukkan bola ke dalam gawang, mengoperkan bola kepada teman, maupun membuang bola ketika lawan melakukan umpan lambung.
Sebenarnya melakukan gerakan menyundul gampang-gampang susah, ketika kita kurang dalam berlatih tentunya akan agak sulit dalam melakukan sundulan maupun dalam akurasi kemana bola akan kita arahkan, dan bila kita lebih sering berlatih dan berlatih maka kita akan lebih mudah untuk melakukan sundulan.
Proses dari konsentrasi terhadap bola yang datang sampai menyundul

Langkah pertama yang harus diperhatikan adalah jangan takut akan berduel dengan pemain lawan. Sebelum kita melompat untuk menyundul bola, kita harus yakin dan jangan takut dengan lawan untuk memenangkan duel udara. Setelah itu lihat arah datangnya bola dan ambil kuda-kuda untuk persiapan melompat. Kemudian melompatlah setinggi mungkin dengan posisi tangan ada di samping dada kita yang dipergunakan untuk melindungi diri. Ketika berada diudara, tariklah kepala kebelakang, dan busungkan dada ke depan adar sundulan kita memiliki power, setelah itu Sundullah bola menggunakan dahi, pada umumnya menyundul memang menggunakan dahi, tapi tidak menutup kemungkinan untuk melakukan sundulan dengan bagian kepala lain seperti ubun-ubun ataupun bagian belakang kepala, namun itu sangat jarang. Untuk lebih jelasnya lihatlah video tutorial berikut :


No comments:

Post a Comment