Saturday 22 August 2015

Teknik Dasar Permainan Sepakbola (1)


Sepakbola merupakan salah satu cabang olahraga yang paling populer dikalangan masyarakat Indonesia. Permainan sepakbola sangat digemari oleh masyarakat dari berbagai kalangan dan berbagai umur seperti pelajar, mahasiswa, wiraswasta, maupun orang kerja kantoran, tua dan muda menyukai permainan sepakbola.
Permainan sepakbola dimainkan oleh 11 pemain, dipimpin oleh 1 wasit utama, 2 wasit hakim garis dan 1 wasit pengganti. Lama permainan sepakbola sendiri  45 menit setiap babak, dan satu pertandingan terdiri dari 2 babak. Mempelajari permainan sepakbola sebenarnya tidaklah terlalu sulit apabila kita memiliki niat, tekat, bekerja keras, disiplin dan tidak mudah menyerah akan lebih mudah menguasai teknik permainan sepakbola dengan bagus. Tidak kalah penting juga tentunya dukungan dari orang tua dan keluarga.
Pada postingan kali ini saya ingin berbagi ilmu mengenai teknik dasar permainan sepakbola. Permainan sepakbola sendiri memiliki 5 teknik dasar, yaitu :
1.      Mengoper bola (passing)
2.      Menendang bola (shooting)
3.      Melempar bola (throwing)
4.      Menyundul bola (heading)
5.      Mengontrol bola (controlling)
Pada kali ini saya akan membahas tentang mengoper bola (passing) dan menendang bola (shooting) terlebih dahulu
1.      Mengoper Bola (passing)
Mengoper bola (passing) digunakan untuk mendistribusikan atau memberikan bola kepada teman kita dengan keras dan tepat. Dalam aplikasinya sendiri, mengoper bola ada 2 macam, yaitu mengoper menggunakan kaki bagian dalam dan mengoper menggunakan kaki bagian luar
a.       Mengoper dengan kaki dalam
Biasanya untuk orang yang pertama kali ingin bermain sepakbola gunakanlah teknik ini, karena teknik ini lebih mudah dipraktekkan untuk pemula. Namun selain itu mengoper dengan kaki bagian dalam lebih sering digunakan oleh pemain sepakbola ketika ingin mengoper bola.
mengoper dengan kaki bagian dalam
 Langkah awal yang harus kamu lakukan dalam mengoper menggunakan kaki bagian dalam adalah letakkan bola kira-kira 1 meter didepan kita, kemudian gunakan kaki terlemahmu sebagai tumpuan badan, kemudian ayunkan kaki terkuatmu untuk mendorong / menyodok / mengoper bola. Perlu diketahui posisi kaki ketika mengenai atau menyentuh bola haruslah berada di tengah-tengah bola, posisi kaki jangan terlalu kebawah bagian bola karena dapat benyebabkan pergerakan bola akan agak melambung, dan juga jangan terlalu keatas karena dapat menyebabkan laju bola menjadi lemah. 
bagian bola yang disentuh oleh kaki bagian dalam
Untuk lebih jelasnya silahkan lihat video tutorial berikut
 b.      Mengoper dengan kaki luar
Mengoper menggunakan kaki bagian luar sebenarnya hanya variasi dari mengoper dengan kaki bagian dalam. Alangkah baiknya kita menguasai terlebih dahulu teknik mengoper dengan kaki bagian dalam sebelum mempelajari teknik mengoper dengan kaki bagian luar.
mengoper dengan kaki bagian luar
 Langkah-langkah mengoper dengan kaki bagian luar tidak jauh berbeda dengan mengoper menggunakan kaki bagian dalam, perbedaannya hanya bagian kaki yang menyentuh bola. Jika mengoper dengan kaki bagian dalam bagian kaki yang digunakan adalah kaki bagian dalam, maka mengoper dengan kaki bagian luar menggunakan bagian luar kaki / kuda-kuda kaki. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat video tutorialnya berikut
  
2.      Menendang bola (shooting)
Menendang bola digunakan untuk mencetak gol / memasukkan bola ke dalam gawang lawan. Untuk dapat melakukan shooting dengan benar dan keras, haruslah sering-sering berlatih agar memiliki
feeling ball  dan tendangan yang keras.
bagian kaki yang digunakan untuk shooting
bagian sepatu yang digunakan untuk shooting
Langkah awal untuk melakukan shooting adalah Letakkan bola sekitar 1 meter garis diagonal didepan kita. Ambil sedikit ancang-ancang, jangan terlalu dekat dan terlalu jauh. Perhatikan kaki tumpuan anda. Perlu diperhatikan ketika menempatkan kaki tumpuan, kaki tumpuan dan bola harus berada dalam satu garis horizontal. Kemudian tarik kaki yang digunakan untuk menendang ke belakang untuk mendapatkan tenaga. Perhatikan juga posisi tubuh ketika menendang, pastikan tubuh lurus ketika menendang. Jika terlalu condong ke belakang, bola yang Anda tendang akan melambung terlalu tinggi. Jika condong terlau ke depan, tendangan Anda akan kurang bertenaga. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat video berikut :

           

Sekian sedikit ilmu yang dapat saya bagikan kepada teman – teman, untuk prnjrlasan tentang mengontrol bola, menyundul bola dan melempar bola akan saya berikan pada postingan selanjutnya




 

No comments:

Post a Comment